Sabtu, 30 April 2011

[TIPS] Mengamankan akun facebook Kamu





Kali ini saya akan menuliskan catatan saya berdasarkan pengalaman sendiri dan teman-teman sesama pengelola warnet dan game center. Begitu maraknya pencurian akun facebook dengan motif Chip Poker atau bahkan hingga perusakan kredibilitas pemilik akun tersebut. Hal ini terjadi kepada rekan saya, om RJ-45 yang akunnya dibajak orang tidak bertanggungjawab ketika dia lupa logout di warnet yang tidak dipercaya. Okay, cekiprot :

* Pastikan Anda berada pada warnet yang Kredibilitasnya bagus
Begitu banyak warnet bertebaran sekarang ini. Oleh karena itu, selalu pilih warnet dengan kredibilitas baik. Selalu gunakan warnet langganan.Dengan begitu Anda akan merasa aman dan nyaman. Tanpa ada rasa khawatir kehilangan akun Anda.

Warnet besar tidak akan pernah mempertaruhkan asetnya untuk hal yang bodoh. Oleh karena itu, akan sangat lebih baik gunakan jasa warnet yang memiliki kredibilitas sistem keamanan yang terjamin.
* Gunakan galat SSL (https)
Gunakan selalu galat SSL (https) untuk mengamankan transaksi data Anda di Internet. Hal ini pentiung untuk mencegah para para sniffer nakal. Terutama jika Anda mengakses facebook (dan akun lainnya) menggunakan jaringan publik, seperti Free Hotspot, hotspot kampus, dan sebagainya. Karena dengan mudah data Anda dapat direkam menggunakan sebuah tools kecil
* Gunakan fasilitas “onscreen keyboard”
Gunakan fasilitas “Onscreen Keyboard” jika Anda merasa warnet yang Anda kunjungi belum memiliki kredibilitas baik di mata Anda. Hal ini berguna untuk bypass software keylogger ataupun perangkat perekam aktifitas dalam bentuk apapun.
* Selalu “logout” akun Anda
Pastikan selalu logout akun Anda setiap kali Anda melakukan login di Warnet/Fasilitas Internet publik lainnya.
copyright (c) didjital@agranetonline.com

* Ganti password berkala
Gantilah passord Anda secara berkala, dan selalu awasi penggunaan akun Anda. Lihat selalu log dalam pengaturan akun Anda. Didalamnya terdapat 5 lokasi terakhir Anda beraktifitas dengan akun Anda. Jika terindikasi lokasi tidak dikenali, maka segeralah untuk melakukan reset password Anda SEGERA!
* Jangan lupa akun facebook sudah tidak lagi ingat password Email"]Email[/url] Anda
5 dari 10 Orang pengguna facebook sudah tidak lagi ingat password Email yang mereka gunakan ketika mendaftar. Dan sialnya lagi, ketika email tersebut dikunjungi, sudah tidak aktif karena begitu lama tidak dikunjungi oleh sang pemilik akun. (facebook sudah tidak lagi ingat password Email"]Email[/url] gratis kan yang mau bikin juga banyak, jadi akan menghapus akun yang lama tidak aktif dalam batas ketentuan)

Dengan Anda mengingat akun Email Anda, 1 step lebih aman ketika Anda terkena pembajakan akun facebook . Karena Anda dapat melakukan reset password menggunakan Email tersebut.
* Bedakan password Email dan password facebook

banyak pengguna facebook menyamakan password Email dan password facebook mereka. Mungkin untuk ngirit memori ingatan kali ye…?? Ekeke…

Tapi ini adalah blunder paling fatal bagi pengguna layanan tersebut. Sekali hack dua akun terhabisi.
* Gunakan Email Forwarding

Selalu miliki beberapa akun Email yang aktif sekaligus. dan manfaatkan fasilitas Auto forwarding di Email Anda.

Gunanya?

Jika Anda apes, akun facebook Anda menjadi korban para pencuri, penggantian password akan dikirimkan ke Email Anda. Jika email Anda ternyata juga tercuri, maka setidaknya masih ada copy email dari facebook yang masuk ke akun email Anda yang lain. Setidaknya Anda masih mempunyai kesempatan untuk melakukan recovery password Anda segera.
* Jangan terjebak situs phising
Tidak ada yang namanya Software Hack akun facebook , software menggandakan chip poker, dan sebagainya. Adanya hanyalah pencuri yang memanfaatkan kelengahan kita dengan metode social engineering. Jadi jangan pernah percaya ketika ada email/spam/link yang meminta Anda memasukkan username dan password Facebook Anda. Karena anda akan masuk jebakan betmen mereka.


Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang sering melakukan aktifitas berinternet di fasilitas publik seperti warnet, hotspot, dan mungkin hotspot kampus. Jangan biarkan mereka mengambil akun Anda, dan jangan pula kita bertindak ceroboh.

Artikel ini dipersembahkan oleh Agra.NET, Verified member of Warneter Community. jaringan komunitas Warnet dan Game Center terbesar dan dan terbaik di Indonesia. Yang selalu concern terhadap Speed, Facility, Service, dan Security. So, kami sarankan selalu gunakan warnet yang masuk dalam keanggotaan organisasi kami. Yang tersebar di hampir seluruh pelosok nusantara.

Happy Surfing!

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKAN KOMENTAR YANG BERMUTU!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More