Senin, 16 Mei 2011

Tips Menghindari Politik di Kantor

Di mana pun Anda bekerja, politik kantor pasti selalu ada dan terkadang bisa memicu ketegangan. Secara terang-terangan atau 'menusuk dari belakang', politik kantor tidak bisa dihindari dari kehidupan kantor.

Gosip, intrik untuk menjatuhkan rekan lain dan tekanan emosional menjadi bagian dari politik kantor. Di tengah kehidupan kantor yang menyulitkan seperti itu, Anda harus tetap bisa bertahan dan pintar menyiasatinya. Mesikipun Anda tidak bisa menghilangkan politik kantor, setidaknya Anda mampu menghindarinya. Seperti dikutip dari Idiva, trik berikut ini mampu menjadikan Anda lebih tangguh menghadapi politik kantor.

Jangan menyalahgunakan posisi Anda
Jangan memanfaatkan posisi Anda untuk mengambil keuntungan sendiri. Hal ini dapat memicu politik kantor yang bisa menjatuhkan karir Anda.

"Saat bekerja bersama tim, hindari menggunakan posisi Anda untuk melewati bawahan Anda dalam mengambil setiap keputusan," terang Adarsh Shetty, seorang konsultan tenaga kerja.

Dapat bekerja dengan tim
Anda harus mampu bekerjasama denga rekan lainnya. Mampu bekerja dengan tim dapat membuat karir Anda berkembang.

"Anda tidak bisa egois hanya memikirkan diri sendiri. Menjadi bagian dari tim dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipromosikan jabatan dan membuat Anda terlihat lebih baik," kata Kavitha Krishnan, seorang konsultan tenaga kerja.

Profesional
Anda tidak bisa begitu saja meledak-ledak di depan umum saat meeting sedang berlangsung. Mempertahankan sikap profesional, tidak hanya membuat Anda terlihat elegan tapi juga menjauhkan omongan miring tentang Anda.

"Jika Anda bekerja secara profesional, banyak orang yang akan mengetahuinya dan sedikit rekan yang akan melibatkan Anda dalam politik di kantor, jelas Shetty.

Profesional juga bisa dilihat dari busana. Hindari menggunakan rok yang terlalu mini dan make-up yang terlalu tebal dan glamor. Hal tersebut memicu gosip di kantor.

Menjauhi gosip
Jika Anda melontarkan sebuah gosip, Anda akan menjadi bagian dari politik kantor. Jangan sampai Anda terjebak dalam gosip, karena bisa saja gosip itu akan berbalik kepada Anda.

Tetap sibuk
Menunda-nunda pekerjaan memicu Anda untuk mengobrol dengan rekan lain yang berujung menggosipkan orang. Tetaplah sibuk mengerjakan pekerjaan Anda dan tingkatkan produktivitas untuk memajukkan karir Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKAN KOMENTAR YANG BERMUTU!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More