Jumat, 13 Mei 2011

10 Langkah Mempercepat Komputer Yang Lambat

Banyak hal yang bisa membuat komputer anda lambat kinerja nya, untuk mengatasinya silahkan anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Membuat Restore Point
Sebelum anda men Tune Up PC anda,maka anda harus membuat dulu restore point, agar bila Tune Up anda gagal maka anda bisa kembali lagi ke posisi anda sebelum di Tune Up. Selain itu anda tidak akan kehilangan data data penting di dalam PC anda.
Untuk membuat Restore Point ikuti langkah ini :
Buka Start > Program > Accessoris > System Tools > Sistem Restore lalu anda pilih Create Restore Point > Next , lalu lanjutkan sampai selesai.
2. Create More space
Disk terlalu kecil atau program terinstal terlalu banyak di hardisk anda bisa membuat kinerja PC berkurang, ini dikarenakan setiap program yang anda jalankan di PC akan otomatis membuat virtual memory di hardisk anda( dalam keadaan ini di partisi C ).
Untuk mengakalinya coba anda bersihkan file file yang tidak berguna, simpan file-file lagu yang selalu anda dengar saja tidak usah memasukan semua lagu di hardisk. simpan foto-foto penting, uninstall software-software yang tidak pernah digunakan, caranya : Start > Control Panel > Add or Remove Programs , uninstall beberapa program akan sangat berguna.
3. Clean Disk
Membersihkan hardisk sangat berguna agar hardisk tidak penuh oleh file-file yang tidak berguna dan tidak terpakai,untuk melakukannya pilih Start > All Programs > Accessoris > Sistem Tools > Disk Cleanup
lalu anda akan dihadapkan dengan sebuah kotak dialog yang berisi tentang disk mana yang akan anda bersihkan,hati hati untuk memilih file yang anda bersihkan, bila anda tidak yakin dengan file nya sebaiknya jangan hapus file itu.
4. Repair Disk Error
Selain membersihkan disk anda, anda harus memperbaiki disk yang eror. untuk mengetahui apakah disk eror atau tidak biasanya sering ada peringatan tiba tiba bahwa disk error. maka anda hanya perlu melakukan :
Start > My Computer > Klik kanan pada hardisk yang ingin anda perbaiki > Properties > Tools > Scan untuk mengetahui Bad Sector pada hardisk anda.
5. Defrag
Di dalam perintah yang sama seperti pada no 4, anda akan menjumpai Defragmentation, berguna juga untuk membenarkan dan mempercepat kinerja PC anda.
6. Disable Startup Items
Pada saat booting pertama , program-program secara default akan bekerja pada layar monitor anda. Untuk mencegah agar tidak mengganggu kinerja PC anda pergi ke Run  > ketik msconfiglalu klik tab Startup lalu hilangkan ceklis pada program-program yang ada.
7. Remove Virus dan Malware
Virus dan Malware mungkin akan mengganggu PC anda, jadi pastikan PC anda memiliki antivirus yang up-to-date dan juga pastikan PC anda mempunyai anti spyware juga. Ketika memilih Antivirus untuk komputer anda pilihlah yang kira kira tidak akan membratkan PC anda, karena bisa-bisa komputer anda akan “lemot”. Periksa juga bahwa Firewall anda sudah diaktifkan Start > Control Panel > Windows Firewall.
8. Update
Mengotomasi Windows Update pada komputer anda akan membantu melindungi PC anda, dan anda tidak perlu khawatir bila menginstal update secara manual dan teratur, namun bila PC anda sudah tua dan lambat maka update otomatis sangat dianjurkan agar tidak mengganggu kinrja PC. untuk mengaktifkan otomatisasi update pergi ke Start > Control Panel > Security Center > Automatic Update.
Pada Windows 7 Start > All Programs > Windows Update
9. Periksa Modem Anda
Bila anda memakai koneksi internet nirkabel, maka anda harus mengecek sekitar anda,apakah modem tertutup oleh sesuatu yang bisa mengakibatkan koneksi lemot, selain itu periksa apakah ada debu atau kotoran di modem dan PC anda, bila ada maka bersihkan dengan kain lap kering / tissu.
10. Windows Registry
Jika tips di atas tidak juga meningkatkan performa PC anda, anda mungkin dihadapkan dengan windows registry yang berantakan. Bila terjadi seperti itu anda bisa menggunakan software registry cleaner yang bisa di download di internet. Bila masih juga belum maksimal mungkin sudah waktunya PC anda diganti karena sudah terlalu tua…heheh
Cape juga nulis ya,terima kasih yang udah baca, budayakan comment ya mas bro / mba sist

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKAN KOMENTAR YANG BERMUTU!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More