Sabtu, 14 Mei 2011

[WASPADA] Keylogger di Warnet!! BISA TAHU SEMUA YG KITA LAKUKAN KETIKA BER-INTERNET

Fungsi keylogger adalah untuk mengetahui segala aktivitas yang sedang di lakukan kita yang sedang ber-internet ria di warnet-warnet yang kebetulan ada orang iseng yang menyusupkan Keylogger di computer yang sedang kita mainkan.

Apa Bahaya dari keylogger?
Tentu saja Keylogger bisa membahayakan privasi kita dan ketentraman kita ber-Internet. Data-data yang kamu ketikkan akan terekam oleh keylogger seperti Username dan Password, Isi Email, Bahkan Website-website yang kita kunjungi. Bisa kamu bayangkan jika Password email kamu yang berisikan Data-data pribadi kamu seperti Nomor Kartu Kredit kamu misalnya.


Jenis Keylogger ada 2 yaitu berupa software dan Hardware, Banyak situs-situs Underground yang menyediakan Keylogger untuk dinikmati tapi kelemahan dari keylogger Software adalah Antivirus biasanya bisa mengenalinya. Namun Lain halnya Hardware, hardware tidak bisa di kenali oleh Antivirus karena Keylogger jenis ini terpasang sebagai hardware di computer, contoh keylogger jenis Hardware adalah Keyboard yang bisa di beli melalui situs tertentu contohnya


http://www.keyhost. com

, orang juga sebetulnya bia memodifikasi keyboard menjadi keylogger tapi harus mempunyai kemampuan lebih.

Ada Warnet yang begitu pedulinya akan keamanan para pengunjung namun sayangnya ada juga yang cuek dan tidak peduli akan ke privasian pada netter, contohnya warnet tidak memasang DeepFreeze Tool dll yang menyangkut keamanan berinternet.

Rata-rata warnet menggunakan DeepFreeze dan Billing Explorer, ada juga yang mengganti DeepFreeze dengan tool lain, itu sah-sah saja tapi bagi pengguna sangat sensitive terhadap keamanan hal tersebut dapat memunculkan keraguan, karena orang dapat saja berpikir tidak adanya deepfreeze karena komputer tersebut sudah dilumpuhkan deepfreezenya dan ada keyloggernya, dan sebagainya.


Ada sedikit Tips sebelum ber-internet di Warnet :

1. Restart computer sebelum kita mulai ber-internet karena siapa tahu computer tersebut terpasang DeepFreeze dan jika di restart maka settingan akan kembali seperti semula.(kita bisa santai dulu, menaruh jaket, tas, dll)


2. Setelah restart dan mengaktifkan billing, pertama tekan Alt+Ctrl+Shift+ F6 untuk melihat bahwa DeepFreeze aktif, ini pencegahan apabila kita mengetikan Password di computer dan lupa untuk menghapusnya maka dengan adanya deepfreeze akan terhapus otomatis setelah restart
Setelah semua diperiksa maka acces Internetpun dilakukan.


3. Jika telah selesai maka jangan lupa kita menghapus private data kita di browser yang kita gunakan contohnya kita menggunakan Browser Mozilla, maka langkah penghapusan data dengan cara klik [tool >= Clear Private data] atau dengan menekan ctrl+shift+del.


4. Selanjutnya sebelum meninggalkan Warnet, Tekan tombol restart pada CPU.

Terkadang kita menyepelekan hal-hal seperti itu, tapi tidak ada salahnya kita lebih waspada toh cara pencegahan yang dilakukan juga begitu simple.

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKAN KOMENTAR YANG BERMUTU!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More