Senin, 02 Mei 2011

Tips Atasi Sakit Kepala Karena Stres

Pada saat ini banyak kita jumpai orang yang mengalami sakit kepala karena stres. Sejumlah cara non-medis dapat membantu meringankan keparahan dan frekuensi serangan tersebut. Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah mandi air hangat. Mandi air hangat dan istirahat mungkin yang kita butuhkan ketika sakit kepala mendera akibat stres. Tambahkan garam kristal jika tersedia, hasilnya akan lebih menyegarkan tubuh kembali.

Kedua, lakukan gaya hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat akan membantu mencegah datanya sakit kepala. Pola hidup sehat ini meliputi makan dengan gizi seimbang, tidur teratur, dan hindari asupan kafein berlebihan. Jangan lupa olah raga tratur seperti jalan, senam, bersepeda dan olah raga lainnya.

Ketiga, manajemen stres. Satu cara mengurangi stres adalah dengan melakukan perencanaan matang dan mengatur waktu dengan bijaksana. Cara lain adalah dengan menyediakan waktu untuk rileks. Lakukan latihan bernafas dalam (dengan menarik nafas panjang dan membuangnya perlahan-lahan).

Keempat, rileksasi otot. Otot yang tegang sering menjadi penyebab sakit kepala. Kompres otot yang tegang dengan air hangat atau es sesuai dengan selera. Bungkus es ke dalam handung sebelum ditempelkan ke tubuh. Jika kompres air hangat jadi pilihan, gunakan botol berisi air panas atau handuk hangat. Kita juga bisa dipijat untuk mengurangi ketegangan otot.

Terakhir adalah bermain dengan orang-orang yang kita sayangi. Bermain dengan orang-orang yang kita sayangi akan membuat kita lupa bahwa kita sedang sakit kepala gara-gara stres mendera kita. Dengan dekat dengan orang yang kita sayangi akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kita dan menyadarkan kita bahwa bukan hanya kita saja yang stres akan tetapi orang lain juga mengalaminya.

Stres merupakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Stres yang tidak diatasi dan di kelola dengan baik akan menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh sehingga daya tahan kita akan menurun. Kelola stres untuk hidup yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

BUDAYAKAN KOMENTAR YANG BERMUTU!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More